Selasa, 18 Mei 2010

- KOLOM

OSPEK. . .OSPEK

Perploncoan dikalangan siswa baru dirasa cukup menakutkan. Apalagi adanya persaingan antara senior dengan junior. Hal ini tak hanya membuat para siswa baru merasa takut, namun membuat sejumlah orang tua merasa khawatir. kekhawatiran ini sebenarnya muncul karena adanya beberapa para orang tua takut akan anaknya bila mendapat kekerasan.
Aktivitas perploncoan yang saat ini masih menjadi suatu tradisi, dirasa akan sulit untuk dihilangkan. Hal ini akan terasa ketika kita memasuki SMP, SMA, dan apalagi ketika kita memasuki dunia Perguruan Tinggi semuanya akan diawali dengan kegiatan seperti itu. Hal seperti ini akan membuat was – was bagi para mahasiswa baru yang akan memasuki perkuliahan. Namun sebenarnya hal seperti ospek ini boleh saja untuk tetap dilestarikan, hanya saja kegiatan ini harus jauh dari tindak kekerasan, agar tidak membuat para mahasiswa merasa dirinya dianiaya.
Hal yang lebih penting sebenarnya menekankan pada pengenalan berbagai tempat serta kelengkapan yang berada dikampus tersebut. Sehingga mahasiswa baru mengetahui apa yang tersedia dikampus tersebut. Kegiatan seperti ini akan lebih membuat para mahasiswa baru untuk lebih bersemangat dan bisa memelihara serta menggunakannya dengan baik.



- ARTIKEL OPINI

PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Pada saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju. Dimana orang saat ini untuk mendapatkan berita atau informasi sudah sangat mudah memperolehnya. Dari sekian banyak kemajuan teknologi salah satu diantaranya adalah televisi. Berbicara mengenai televisi, tentu ada tiga pihak yang terlibat di dalamnya, yakni yang menyajikan, yang disajikan dan yang menikmati. Televisi yang selama ini berperan sebagai media massa elektronik ternyata mampu mempengaruhi dan menggiring seluruh masyarakat untuk membeli dan memilikinya di berbagai belahan bumi ini sehingga boleh jadi sampai hari ini, sudah sekian milyar pesawat televisi diproduksi banyak pabrik di seluruh dunia. Sementara merk, harga, mutu dan modelnya pun sudah sangat beragam dan banyak pilihan.
Kehadiran televisi sesungguhnya telah menimbulkan berbagai fenomena. Televisi memang mampu menayangkan acara-acara yang begitu menarik karena telah dilengkapi dengan aksesori-aksesori sehingga membuat pemirsanya begitu mengagumi televisi. Walaupun tanpa mereka sadari, televisi mampu mengubah mereka sedikit demi sedikit. Tertariknya seseorang terhadap suatu acara televisi maka secara tidak langsung akan membuat seseorang tersebut merasa terbuang waktunya hanya untuk menyaksikan acara televisi yang sebenarnya tidak bermanfaat. Terkadang acara televisi tidak memandang dari segi positifnya, namun hanya memandang dari segi ekonominya. Bagaimana agar penonton tertarik dengan acara yang di kemas sedemikian rupa sehingga menghasilkan rating yang tinggi.
Dampak yang ditimbulkan justru lebih berat di banding dengan mendapatkan hal dari segi materi. Karena untuk pengaruhnya sangat berkaitan dalam kehidupan sehari – hari khususnya anak – anak yang masih dalam tahapan memasuki masa dewasa. Anak – anak pada tahap menuju dewasa akan mulai memilah – milah hal yang baik untuk dicontoh. Apabila pengaruh televisi begitu keras maka anak akan condong ke hal yang kurang positif apalagi didukung dengan lingkungan yang tidak bersahabat. Dengan ini Banyak ragam acara-acara televisi yang disiarkan oleh berbagai stasiun televisi untuk lebih menyajikan acara yang disiarkan bertema pendidikan bagi anak-anak.
ARUM PUSPITA SARI (153080172)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar