Selasa, 18 Mei 2010

KOLOM
Ujian Nasional memberikan dampak psikologis

Ujian nasional memang telah berlangsung beberapa bulan lalu, namun banyak sekali polemic yang menyangkut dirinya. Banyak yang tidak setuju dengan diadakannya ujian nasional sebagai patokan kelulusan siswa dan mengharapkan ujian nasional dapat dihapuskan. Apalagi pada tahun ini jumlah siswa-siswi baik dari pelajar SMA maupun SMP banyak yang dinyatakan tidak lulus.
Kalau dilihat dari tahun ketahun jumlah pelajar yang tidak lulus dalam ujian nasional bisa dikatakan selalu meningkat. Namun mendiknas tetap saja melangsungkan UN yang dirasa sangat meberatkan bagi para pelajar. Hal ini tentunya membuat masyarakat bahkan pendidik sebal dengan pemerintah yang dianggap tidak mau mendengarkan suara rakyat.
Tidak sedikit juga masalah-masalah yang timbul dengan adanya UN, terutama bagi pelajar yang merasa UN berakibat pada psikologis si siswa. Apalagi jika siswa dinyatakan tidak lulus tentu akan menanggung beban psikologi yang berat. Meskipun tahun ini ada ujian susulan, tetapi tetap saja bisa memberikan efek yang buruk terhadap kondisi si anak. Mereka akan merasa malu dan dianggap bodoh terhadap lingkungan mereka. Kondisi seperti inilah yang mungkin tidak diperhatikan oleh pemerintah yang bersikeras dalam pengadaan UN.
Ririn Setyo Utami (153080174)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar